Senin, 07 Februari 2011

brahmavihara

Brahmavihara

4 Empat Keadaan-Batin Luhur
Perenungan terhadap Cinta Kasih, Welas Asih,
Turut Berbahagia, dan Keseimbangan Batin
Oleh
Nyanaponika Thera
Sumber: The Wheel Publication No.6 (Kandy: Buddhist Publication Society, 1993). Ditulis ulang dari edisi
cetak tahun 1994 melalui bantuan DharmaNet Dharma Book Transcription Project, dengan izin dari the
Buddhist Publication Society.
Copyright � 1993 Buddhist Publication Society.
Access to Insight edition � 1994
For free distribution. This work may be republished, reformatted, reprinted, and redistributed in any medium.
It is the author�s wish, however, that any such republication and redistribution be made available to the
public on a free and unrestricted basis and that translations and other derivative works be clearly marked
as such.
Alih Bahasa : Willy yandi Wijaya
Editor : Marlin S.T.
Sampul & Tata Letak : adiniaga
Diterbitkan Oleh :
Vidyasena Production
Vihara Vidyaloka
Jl. Kenari Gg. Tanjung I No. 231
Telp. 0274 542 919
Yogyakarta 55165
Cetakan Pertama, Juli 2006
Untuk Kalangan Sendiri
Daftar isi
Empat Keadaan-Batin Luhur
Perenungan terhadap Cinta Kasih, Welas Asih, Turut
Berbahagia, dan Keseimbangan Batin
Kutipan mengenai Empat Keadaan Luhur dari Wejangan
Sang Buddha
Perenungan terhadap Empat Keadaan Luhur
I. Cinta (Metta)
II. Welas Asih (Karuna)
III. Turut berbahagia (Mudita)
IV. Keseimbangan Batin (Upekkha)
Kesalingterkaitan antar Empat Keadaan Luhur
1
Pengenalan
Pengenalan
Empat keadaan batin yang luhur telah diajarkan oleh Sang Buddha:
� Cinta atau Cinta kasih (metta)
� Welas Asih (karuna)
� Turut berbahagia (mudita)
� Keseimbangan batin (upekkha)
Dalam bahasa Pali, bahasa yang digunakan dalam naskah-naskah Buddhis,
empat keadaan batin ini dikenal juga dengan nama Brahma-vihara. Istilah ini
dapat juga diungkapkan sebagai keadaan batin yang sempurna, luhur atau
mulia; atau seperti keadaan batin para Brahma atau dewa.
Empat keadaan batin ini dikatakan sempurna atau luhur karena merupakan
cara bertindak dan bersikap yang benar dan ideal terhadap semua makhluk
hidup (sattesu samma patipatti). Keempatnya menyediakan jawaban terhadap
semua situasi yang muncul dalam kontak sosial. Empat keadaan batin luhur
ini merupakan pereda tekanan yang hebat, pencipta kedamaian dalam konflik
sosial, serta penyembuh terhadap luka-luka yang diderita dalam perjuangan
hidup. Empat keadaan batin luhur ini dapat menghancurkan rintangan-rintangan
sosial, membangun komunitas yang harmonis, membangunkan kemurahan
hati yang telah lama tertidur dan terlupakan, menghidupkan kembali kebahagiaan
dan harapan yang telah lama ditinggalkan, serta mendorong persaudaraan
dan kemanusiaan untuk melawan kekuatan egoisme.
2
Brahmavihara
Brahma-vihara bertentangan dengan keadaan batin yang penuh kebencian,
dan oleh sebab itulah ia dikatakan bersifat Brahma, pemimpin tertinggi
(yang tidak abadi) dari alam-alam surga tingkat atas dalam gambaran Buddhis
tradisional mengenai alam semesta. Akan tetapi, berbeda dengan banyak
gambaran mengenai dewa-dewi, baik di Timur maupun Barat, yang oleh para
pemujanya sendiri dikatakan dapat menunjukkan kemarahan, kemurkaan, iri
hati; Brahma dalam Buddhisme dinyatakan telah terbebas dari kebencian.
Oleh sebab itu, seseorang yang dengan giat mengembangkan empat keadaan
batin luhur ini, melalui tindakan dan meditasi, dapat dikatakan telah menjadi
setara dengan Brahma (brahma-samo). Jika empat keadaan batin luhur menjadi
pengaruh yang dominan dalam batin orang tersebut, maka ia akan terlahir
kembali dalam dunia yang sesuai, yaitu alam-alam Brahma. Oleh sebab itu,
empat keadaan batin ini disebut seperti dewa atau Brahma.
Empat keadaan batin ini disebut kediaman (vihara) sebab keempatnya
semestinya menjadi tempat tinggal yang tetap bagi batin, seperti yang kita
rasakan �di rumah�; empat keadaan batin ini janganlah hanya menjadi tempat
yang jarang ataupun hanya sebentar dikunjungi, yang segera dilupakan. Dengan
kata lain, batin kita harus melebur sepenuhnya dalam keadaan luhur ini.
Empat keadaan luhur ini seharusnya menjadi sahabat kita yang tak terpisahkan, dan
kita harus sadar terhadapnya dalam semua aktivitas sehari-hari. Sebagaimana
ungkapan dari Metta Sutta, Syair Cinta Kasih:
Ketika berdiri, berjalan, duduk, berbaring,
Selagi tiada lelap
Ia tekun mengembangkan kesadaran ini �
Yang dikatakan: Berdiam dalam Brahma
Ke-empat keadaan ini �cinta kasih, welas asih, turut berbahagia, dan keseimbangan
batin� dikenal juga sebagai keadaan tanpa batas (appama��a),
karena, dalam kesempurnaan dan sifat sejatinya, keempatnya tidak dapat
disempitkan oleh batasan-batasan dalam hal jangkauannya terhadap semua
makhluk. Keempat keadaan batin ini haruslah tidak eksklusif dan tidak hanya
3
Pengenalan
mencakup sebagian dari makhluk; tidak dibatasi oleh keberpihakan maupun
prasangka-prasangka. Batin yang telah mencapai Brahma-vihara yang tak terbatas
ini tidak akan menyimpan kebencian terhadap bangsa, suku, agama
maupun kelas/golongan manapun.
Akan tetapi, jika sikap mental luhur ini tidak berakar kuat, tentu tidak
akan mudah bagi kita untuk berupaya mewujudkan ketanpa-sekatan maupun
menghindarkan diri dari keberpihakan. Dalam banyak kasus, untuk mencapainya
kita harus menggunakan empat kualitas ini tidak hanya sebagai prinsip
berperilaku dan objek refleksi saja, namun juga sebagai subjek dari meditasi.
Meditasi ini disebut Brahma-vihara-bhavana, pengembangan meditatif dari
keadaan batin yang luhur. Tujuan praktisnya adalah untuk mencapai, dengan
bantuan dari keadaan-keadaan luhur ini, tahap-tahap konsentrasi mental
yang tinggi yang disebut jhana, �pencerapan meditatif�. Meditasi terhadap
cinta, welas asih, dan turut berbahagia masing-masing dapat menghasilkan
pencapaian dari tiga pencerapan yang pertama. Sedangkan meditasi terhadap keseimbangan
batin akan menuntun pada pencapaian jhana keempat yang mana
ketenangan batin merupakan faktor yang paling signifikan.
Secara umum, latihan meditasi yang tekun akan menghasilkan dua efek
tertinggi: pertama, empat kualitas ini akan tenggelam masuk ke dalam hati
sehingga keempat kualitas tersebut menjadi sikap yang spontan dan tidak
mudah luntur; kedua, meditasi tersebut akan memunculkan dan mempertahankan
perluasan yang tanpa batas dari empat kualitas ini dan menyebarkan
jangkauan penerimaannya terhadap semua mahkluk. Sebenarnya, instruksi
rinci yang diberikan dalam naskah-naskah Buddhis mengenai latihan empat
meditasi ini dengan jelas dimaksudkan untuk membuka secara bertahap ketanpabatasan
dari keadaan luhur tersebut. Empat keadaan batin yang luhur ini secara
sistematis menghancurkan semua rintangan yang membatasi perwujudan
suatu tempat atau individu tertentu.
Dalam latihan meditasi tersebut, pemilihan orang yang akan dipancarkan
cinta, welas asih atau turut berbahagia, dimulai dari yang mudah ke yang
makin sulit. Sebagai contoh, ketika bermeditasi cinta kasih, seseorang mulai
dengan kehendak untuk hal-hal baik bagi dirinya sendiri, kemudian menggunakannya
sebagai titik acuan untuk perluasan bertahap: �Sama seperti saya
4
Brahmavihara
yang ingin bahagia dan bebas dari derita, demikian juga makhluk lain, semoga
semua makhluk bahagia dan bebas dari penderitaan!� Kemudian ia memperluas
pikiran cinta kasihnya kepada orang atau siapapun yang ia hormati dan
cintai, misalnya seorang guru; kemudian kepada orang-orang yang ia sangat
sayangi, kepada orang-orang yang netral, dan terakhir kepada musuh-musuhnya
ataupun orang-orang yang tidak disukai. Karena meditasi ini berkaitan
dengan kesejahteraan makhluk hidup, seseorang seharusnya tidak memilih
objek orang yang telah meninggal maupun orang yang dapat menimbulkan
perasaan/ketertarikan seksual.
Setelah mampu mengatasi tugas yang tersulit yaitu mengarahkan pikiran
cinta kasih kepada orang-orang yang tidak disukai, ia sekarang seharusnya telah
�menghancurkan rintangan� (sima-sambheda). Tanpa membeda-bedakan
keempat tipe orang yang telah disebutkan di atas, ia memancarkan cinta
kasihnya kepada semua secara sama dan merata. Dalam tahap latihan ini,
ia akan mencapai tingkat konsentrasi yang lebih tinggi: dengan munculnya
gambaran refleksi mental (patibhaganimitta), �konsentrasi mendekati� (upacara
samadhi) akan telah tercapai, dan kemajuan lebih jauh akan menuntun menuju
�konsentrasi pencapaian� (appana) dari jhana pertama, kemudian ke jhanajhana
berikutnya yang lebih tinggi.
Dalam hal perluasan ruang, latihan meditasi ini dimulai dari lingkungan
diri sendiri dulu seperti keluarga, kemudian diperluas ke rumah-rumah tetangga,
ke seluruh jalan, kota, negara, negara lain, dan seluruh dunia. Dalam
�perluasan arah�, pikiran cinta kasih seseorang diarahkan dulu ke arah timur,
kemudian ke barat, utara, selatan, tengah, atas (zenith) dan bawah (nadir).
Prinsip yang sama digunakan juga dalam pengembangan meditatif terhadap
welas asih, turut berbahagia, dan keseimbangan batin, dengan variasi
yang tepat dalam pemilihan orang-orang yang dituju. Perincian latihan ini
lebih lanjut dapat ditemukan dalam naskah-naskah. (lihat Visuddhimagga,
Bab IX)
Tujuan akhir dari pencapaian Brahma-vihara-jhana ini adalah untuk menghasilkan
suatu keadaan batin yang dapat menjadi landasan kokoh untuk
penembusan pemahaman atau pencapaian pencerahan mengenai sifat sejati
dari semua fenomena, yaitu ketidak-kekalan, dapat mengalami penderitaan,
5
Pengenalan
dan tanpa inti. Batin yang telah mencapai pencerapan meditatif yang dipengaruhi
oleh empat keadaan luhur ini akan menjadi murni, damai, teguh, terpusat
dan bebas dari egoisme yang kasar. Dengan demikian, batin akan siap untuk
pembebasan akhir yang hanya dapat dilengkapi melalui pencerahan.
Pembahasan sebelumnya menunjukkan ada dua cara mengembangkan
keadaan batin yang luhur: pertama, melalui tingkah laku dan pengarahan
pikiran yang tepat; dan kedua, melalui metode meditasi yang menuju pada
pencerapan-pencerapan. Kedua cara ini akan membantu satu sama lain. Latihan
meditasi secara bertahap akan membantu menimbulkan cinta, welas asih,
kebahagiaan dan keseimbangan batin menjadi spontan. Latihan ini juga akan
membuat batin lebih teguh dan tenang dalam menghadapi berbagai masalah
hidup yang menyakitkan yang menantang kita untuk mempertahankan empat
kualitas luhur ini dalam pikiran, ucapan maupun perbuatan.
Di sisi lain, jika tingkah laku seseorang semakin banyak diarahkan oleh
empat keadaan luhur ini, batin akan memendam semakin sedikit sakit hati,
tekanan dan ketersinggungan; gema-gema yang seringkali secara halus menyusup
masuk pada saat meditasi, membentuk yang disebut �belenggu kegelisahan�.
Kehidupan dan pikiran kita sehari-hari memiliki pengaruh yang kuat terhadap
batin saat meditasi; hanya apabila celah diantara keduanya disempitkan
secara terus menerus barulah ada kesempatan untuk kemajuan meditasi yang
mantap dan pencapaian tujuan tertinggi dari latihan kita.
Pengembangan meditatif dari keadaan batin yang luhur ini dapat dibantu
dengan refleksi yang berulang-ulang terhadap kualitas-kualitas keadaan luhur
tersebut, manfaat yang ditawarkan oleh keadaan luhur dan bahaya yang dapat
ditimbulkan oleh sifat-sifat yang bertentangan dengan keadaan luhur tersebut.
Seperti yang dikatakan oleh Buddha, �Apa yang seseorang pikirkan dan
refleksikan selama jangka waktu yang panjang, ke sanalah batinnya akan condong
dan mengarah.�
6
Brahmavihara
Kutipan mengenai Empat Keadaan
Luhur dari Wejangan Sang Buddha
I. Dengan ini, para bhikkhu, seorang siswa berdiam memancarkan ke
satu arah dengan hati yang terisi cinta kasih, demikian pula ke arah
yang kedua, ketiga, dan keempat; juga ke atas, bawah, dan sekeliling; ia
berdiam memancarkan dan menyebarluaskan di mana-mana di seluruh
dunia secara merata, hatinya yang terisi cinta kasih, yang melimpah,
tumbuh berkembang, tak terukur, bebas dari permusuhan dan bebas
dari kesedihan.
II. Dengan ini, para bhikkhu, seorang siswa berdiam memancarkan ke
satu arah dengan hati yang terisi welas asih, demikian pula ke arah
yang kedua, ketiga, dan keempat; juga ke atas, bawah, dan sekeliling; ia
berdiam memancarkan dan menyebarluaskan di mana-mana di seluruh
dunia secara merata, hatinya yang terisi welas asih, yang melimpah,
tumbuh berkembang, tak terukur, bebas dari permusuhan dan bebas
dari kesedihan.
III. Dengan ini, para bhikkhu, seorang siswa berdiam memancarkan ke
satu arah dengan hati yang terisi turut berbahagia, demikian pula ke
arah yang kedua, ketiga, dan keempat; juga ke atas, bawah, dan sekeliling;
ia berdiam memancarkan dan menyebarluaskan di mana-mana
di seluruh dunia secara merata, hatinya yang terisi turut berbahagia,
yang melimpah, tumbuh berkembang, tak terukur, bebas dari permusuhan
dan bebas dari kesedihan.
7
Kutipan mengenai Empat Keadaan Luhur dari Wejangan Sang Buddha
IV. Dengan ini, para bhikkhu, seorang siswa berdiam memancarkan ke
satu arah dengan hati yang terisi keseimbangan batin, demikian pula ke
arah yang kedua, ketiga, dan keempat; juga ke atas, bawah, dan sekeliling;
ia berdiam memancarkan dan menyebarluaskan di mana-mana
di seluruh dunia secara merata, hatinya yang terisi dengan keseimbangan
batin, yang melimpah, tumbuh berkembang, tak terukur, bebas dari
permusuhan dan bebas dari kesedihan.
� Digha Nikaya 13
8
Brahmavihara
Perenungan terhadap Empat Keadaan
Luhur
I. Cinta (Metta)
Cinta, tanpa nafsu untuk memiliki, memahami dengan baik bahwa dalam
hakikat tertinggi, tidaklah ada kepemilikan maupun pemilik: inilah cinta yang
tertinggi.
Cinta, tanpa berbicara dan berpikir mengenai �Aku�, memahami dengan
baik bahwa apa yang dinamakan �Aku� sebenarnya hanyalah delusi.
Cinta, tanpa memilih maupun mengecualikan, memahami dengan baik
bahwa melakukan hal tersebut (diskriminasi) berarti menciptakan kualitas
sifat-sifat yang bertentangan dengan cinta itu sendiri: perasaan tidak suka,
kejengkelan maupun kebencian.
Cinta, merangkul semua makhluk: kecil maupun besar, jauh maupun
dekat, baik di darat, air, maupun udara.
Cinta, merangkul semua makhluk tanpa memihak, bukan hanya terhadap
orang-orang yang berguna, menyenangkan dan kita sukai.
Cinta, merangkul semua makhluk, baik yang memiliki batin luhur maupun
rendah, batin yang baik ataupun jahat. Mereka yang berhati mulia dan baik
dirangkul karena cinta mengalir ke mereka secara spontan. Mereka yang berhati
rendah dan jahat juga dirangkul karena mereka lah yang sangat membutuhkan
cinta. Banyak dalam diri mereka, benih-benih kebajikan mungkin telah
mati karena kurangnya kehangatan untuk dapat tumbuh dan bertunas, karena
benih itu telah musnah akibat kedinginan dalam dunia yang tanpa cinta.
9
Perenungan terhadap Empat Keadaan Luhur
Cinta, merangkul semua makhluk, memahami dengan baik bahwa kita
semua sama-sama merupakan pengembara dalam siklus eksistensi � bahwa
kita semua mengalami hukum yang sama mengenai penderitaan.
Cinta, bukan api sensasi yang membakar, menghanguskan dan menyiksa,
yang menyebabkan lebih banyak luka daripada yang dapat ia obati � yang
seketika menyala terang, dan tiba-tiba padam, menyisakan banyak perasaan
dingin dan kesepian dibandingkan sebelumnya.
Melainkan, cinta yang terulur bagaikan tangan yang lembut namun kokoh
kepada makhluk-makhluk yang sakit dan bermasalah, tidak berubah dalam
hal perasaan simpatiknya, tanpa kebimbangan, tidak menyurut ketika mendapatkan
respon apapun. Cinta yang memberikan kesejukan yang nyaman kepada
mereka yang terbakar oleh api penderitaan dan nafsu; yang merupakan
kehangatan pemberi kehidupan bagi mereka yang ditinggalkan dalam padang
pasir kesepian yang dingin, bagi mereka yang gemetaran kedinginan dalam
kebekuan dunia tanpa cinta; bagi mereka yang hatinya seolah telah menjadi
kosong dan kering akibat panggilan berulang-ulang meminta pertolongan
yang tak kunjung tiba, akibat perasaan putus asa yang paling dalam.
Cinta, yang merupakan keagungan hati dan pikiran yang luhur yang
mengerti, memahami dan siap untuk membantu.
Cinta, yang merupakan kekuatan sekaligus pemberi kekuatan: inilah cinta
tertinggi.
Cinta, yang oleh �Ia yang Telah Tercerahkan� disebut sebagai �pembebasan
dari hati�, �keindahan yang paling luhur�: inilah cinta tertinggi.
Dan apa perwujudan tertinggi dari cinta?
Menunjukkan kepada dunia jalan yang menuntun pada berakhirnya penderitaan,
jalan tersebut ditunjukkan, dijalani dan direalisasikan untuk mencapai
kesempurnaan oleh Beliau, Ia yang Paling Berbahagia, Sang Buddha.
II. Welas Asih (Karuna)
Dunia menderita. Namun kebanyakan manusia menutup mata dan telinganya.
Mereka tidak melihat aliran air mata yang terus mengalir dalam kehidupan;
mereka tidak mendengar jeritan dan ratap tangis kesedihan yang secara terus
10
Brahmavihara
menerus menyelubungi dunia ini. Kesedihan dan kesenangan kecil mereka
sendiri telah menghalangi pandangan mereka, menulikan telinga mereka.
Terikat oleh sikap mementingkan diri sendiri, hati mereka berubah menjadi
kaku dan sempit. Dengan hati yang kaku dan sempit, bagaimana mereka
dapat berjuang untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi, untuk menyadari
bahwa dengan terlepas dari kemelekatan egois barulah dapat mencapai keterbebasan
dari penderitaan?
Welas asihlah yang menyingkirkan penghalang berat tersebut, membuka
pintu menuju pembebasan, membuat hati yang sempit menjadi seluas dunia.
Welas asih menyingkirkan beban berat yang ada di hati, beban yang melumpuhkan;
welas asih memberi sayap bagi mereka yang berada dalam keadaan
diri yang rendah.
Melalui welas asih, fakta adanya penderitaan akan dengan jelas selalu
hadir dalam batin kita, bahkan pada masa-masa ketika kita secara pribadi
sedang terbebas dari penderitaan. Welas asih akan memberi kita pengalaman
yang kaya mengenai penderitaan, sehingga menguatkan kita untuk menghadapinya,
ketika penderitaan tersebut menimpa diri kita.
Welas asih membuat kita bersyukur dan menghargai nasib kita dengan
menunjukkan pada kita bagaimana kehidupan pihak lain, yang seringkali jauh
lebih sukar dan menyedihkan dibanding hidup kita.
Lihatlah perjalanan tanpa akhir makhluk-makhluk, manusia dan hewan,
terbebani oleh kesedihan dan rasa sakit! Beban yang ada pada setiap dari
mereka, juga telah kita bawa melalui rentetan kelahiran berulang yang tak terukur
dalamnya dari suatu masa yang sangat lampau. Lihatlah ini, dan bukalah hatimu
terhadap welas asih!
Dan kesengsaraan ini mungkin saja menjadi nasib kita lagi! Ia yang tanpa
welas asih sekarang, suatu saat akan menangis menyesalinya. Jika perasaan
simpatik terhadap pihak lain sangat sedikit, perasaan simpatik ini juga akan
kita capai melalui pengalaman diri sendiri yang panjang dan menyakitkan.
Inilah hukum yang luar biasa dari kehidupan. Pahamilah ini, jagalah dirimu!
Makhluk-makhluk tenggelam dalam ketidakpedulian (ignorance), tersesat
dalam delusi, tergesa-gesa dari satu penderitaan ke yang lain, tidak mengetahui
penyebab sesungguhnya, tidak tahu bagaimana melarikan diri darinya. Penembu11
Perenungan terhadap Empat Keadaan Luhur
san pemahaman terhadap hukum universal mengenai penderitaan ini merupakan
landasan nyata dari welas asih yang kita miliki, bukanlah karena adanya
fakta penderitaan tertentu saja.
Dengan demikian, welas asih kita juga akan mencakup mereka yang saat
ini mungkin sedang bahagia, namun bertindak dengan batin yang jahat dan
terdelusi. Dalam perbuatan yang mereka lakukan saat ini, kita akan dapat
melihat masa depan mereka yang penuh kesedihan, dan karenanya welas asih
akan muncul.
Welas asih dari seseorang yang bijaksana tidak akan menyebabkannya
menjadi korban dari penderitaan. Pikiran, kata-kata dan perbuatannya penuh
belas kasih. Akan tetapi, hatinya tidaklah bimbang; sebagaimana adanya,
jernih dan tenang. Dengan bagaimana lagi ia dapat membantu?
Semoga welas asih demikian dapat tumbuh dalam hati kita! Welas asih
yang merupakan keagungan hati dan pikiran yang luhur yang mengerti, memahami,
dan siap untuk membantu.
Welas asih yang merupakan kekuatan sekaligus pemberi kekuatan: inilah
welas asih tertinggi.
Dan apa perwujudan tertinggi dari welas asih?
Menunjukkan kepada dunia jalan yang menuntun pada berakhirnya
penderitaan, jalan tersebut ditunjukkan, dijalani dan direalisasikan untuk
mencapai kesempurnaan oleh Beliau, Ia yang Paling Berbahagia, Sang Buddha.
III. Turut berbahagia (Mudita)
Tidak hanya terhadap welas asih, namun juga terhadap turut berbahagia,
bukalah hatimu!
Kecil memang, porsi kebahagiaan dan kegembiraan yang terbagi ke makhlukmakhluk!
Ketika secercah kecil kebahagiaan datang kepada mereka, maka kamu
dapat ikut berbahagia bahwasanya satu berkas kegembiraan telah membelah
kegelapan dalam hidup mereka, dan mengusir kabut kelabu dan muram yang
membungkus hati mereka.
Hidupmu akan meraih kegembiraan dengan berbagi kebahagiaan orang
12
Brahmavihara
lain seakan-akan sebagai kebahagiaanmu sendiri. Tidak pernahkah kamu
mengamati bagaimana dalam momen-momen kebahagiaan, karakteristik seseorang
dapat berubah dan menjadi cerah dengan kegembiraan? Tidak pernahkah
kamu memperhatikan bagaimana kegembiraan membangkitkan manusia
ke dalam aspirasi dan perbuatan yang mulia, melampaui kapasitas normal
mereka? Bukankah pengalaman demikian akan mengisi hatimu sendiri dengan
berkah kegembiraan? Ada pada dirimu sendiri kemampuan untuk meningkatkan
pengalaman kebahagiaan simpatik sedemikian, dengan menghasilkan
kebahagiaan dalam diri orang lain, dengan membawakan mereka kegembiraan
dan kenyamanan.
Mari kita mengajarkan suka cita yang sesungguhnya kepada manusia! Banyak
yang telah melupakannya. Kehidupan, meski penuh dengan lara nestapa, juga
membawakan sumber-sumber kebahagiaan dan suka cita, tidak disadari oleh
banyak orang. Mari kita mengajarkan orang-orang untuk mencari dan menemukan
suka cita sesungguhnya dalam diri mereka dan untuk turut berbahagia
atas suka cita orang lain! Mari kita ajarkan mereka untuk menyingkapkan suka
cita mereka pada derajat yang semakin mulia.
Suka cita yang luhur dan mulia tidaklah asing dalam ajaran Ia yang Telah
Tercerahkan. Secara keliru ajaran Buddha kadangkala dikira sebagai ajaran
yang penuh kemurungan. Jauh dari itu, sebenarnya Dhamma (ajaran Buddha/
Kebenaran) menuntun kita selangkah demi selangkah menuju kebahagiaan
yang bahkan semakin murni dan agung.
Suka cita yang luhur dan mulia adalah penolong dalam jalan menuju lenyapnya
penderitaan. Bukanlah ia yang depresi dan tertekan dalam kesedihan,
melainkan ia yang memiliki kebahagiaan, yang dapat menemukan keheningan
yang jernih yang menuntun pada keadaan batin yang kontemplatif. Dan hanya
batin yang hening damai dan terpusat yang dapat mencapai kebijaksanaan
yang membebaskan.
Semakin luhur dan mulia suka cita orang lain, semakin kukuh kebahagiaan
simpatik dalam diri kita sendiri. Penyebab turut berbahagianya diri kita terhadap
suka cita pihak lain adalah karena kehidupan mereka yang mulia akan
menjaga mereka dalam kebahagiaan saat ini maupun di kehidupan sesudahnya.
Penyebab yang lebih mulia turut berbahagianya diri kita terhadap suka
13
Perenungan terhadap Empat Keadaan Luhur
cita pihak lain adalah keyakinan mereka dalam Dhamma, pemahaman mereka
mengenai Dhamma, kehidupan mereka yang mengikuti Dhamma. Marilah
kita memberikan bantuan Dhamma kepada mereka! Marilah kita berjuang
untuk menjadikan diri kita semakin mampu menawarkan bantuan tersebut!
Turut berbahagia berarti keagungan hati dan pikiran yang luhur yang
mengerti, memahami, dan siap untuk membantu.
Turut berbahagia yang merupakan kekuatan sekaligus pemberi kekuatan:
adalah kebahagiaan tertinggi.
Dan apa perwujudan tertinggi dari turut berbahagia?
Menunjukkan kepada dunia jalan yang menuntun pada berakhirnya penderitaan,
jalan tersebut ditunjukkan, dijalani dan direalisasikan untuk mencapai
kesempurnaan oleh Beliau, Ia yang Paling Berbahagia, Sang Buddha.
IV. Keseimbangan Batin (Upekkha)
Keseimbangan batin adalah kondisi seimbangnya batin yang sempurna
dan tak tergoyahkan, yang berakar dalam penembusan pemahaman.
Melihat dunia di sekitar kita, dan melihat ke dalam hati kita sendiri,
mengerti dengan jelas betapa sulitnya untuk mencapai dan mempertahankan
keseimbangan batin.
Melihat ke dalam kehidupan, kita perhatikan bagaimana ia bergerak antara
hal-hal yang kontras: keuntungan dan kehilangan, terkenal dan tidak terkenal,
dipuji dan dihina, kebahagiaan dan penderitaan. Kita merasakan bagaimana
hati kita merespon terhadap semua ini dengan perasaan bahagia dan kesedihan,
semangat dan keputus-asaan, kekecewaan dan kepuasan, harapan dan
rasa takut. Gelombang-gelombang emosi ini melambungkan kita ke atas dan
juga mencampakkan kita ke bawah; dan belum lama kita dapat istirahat sebentar,
kita sudah diseret oleh gelombang baru berikutnya. Bagaimana kita dapat
mengharapkan untuk terus menapaki puncak kejayaan? Bagaimana bisa kita
mendirikan bangunan kehidupan kita di tengah-tengah samudera keberadaan
yang tak pernah diam ini, jika bukan di atas pulau keseimbangan batin?
Sebuah dunia dimana seporsi kecil kebahagiaan dapat terbagi ke makhlukmakhluk
yang dicapai setelah melalui banyak kekecewaan, kegagalan dan
14
Brahmavihara
kekalahan;
Sebuah dunia dimana hanya keberanian untuk memulai sesuatu yang
baru, lagi dan lagi, yang menjanjikan kesuksesan;
Sebuah dunia dimana sejumlah kecil kebahagiaan tumbuh di antara kesakitan,
perpisahan dan kematian;
Sebuah dunia dimana makhluk-makhluk yang baru saja mendapatkan kebahagiaan
simpatik dari kita, pada saat berikutnya membutuhkan welas asih
dari kita � dunia yang seperti ini membutuhkan keseimbangan batin.
Akan tetapi, jenis keseimbangan batin yang diperlukan mestilah yang berlandaskan
pada keberadaan batin yang waspada, bukan pada kemalasan yang
tidak peduli dan sikap masa bodoh. Keseimbangan batin ini mestilah hasil dari
latihan keras dan tekun, bukan efek kebetulan dari suasana hati yang sedang
dialami. Namun keseimbangan batin tidaklah pantas dinamakan �keseimbangan
batin� seandainya ia mesti dihasilkan melalui pengerahan upaya lagi dan lagi.
Dalam kasus demikian, keseimbangan batin akan semakin dilemahkan dan
akhirnya dikalahkan oleh perubahan-perubahan dalam hidup. Keseimbangan
batin yang sejati, bagaimanapun juga, haruslah mampu menjawab semua
ujian-ujian yang keras ini dan mampu menghidupkan kembali kekuatannya
dari sumber-sumber dalam diri. Keseimbangan batin akan memiliki kekuatan
ketahanan dan pemahaman diri hanya jika ia berakar pada penembusan
pemahaman (insight).
Lantas, bagaimana sifat dari penembusan pemahaman tersebut? Yaitu
pemahaman yang jernih bagaimana semua perubahan hidup ini berasal, dan
sifat sejati diri kita sendiri. Kita harus mengerti bahwa pengalaman beraneka
ragam yang kita alami berasal dari kamma kita � tindakan kita baik melalui
pikiran, kata-kata dan perbuatan � yang dilakukan pada kehidupan ini maupun
kehidupan-kehidupan sebelumnya. Kamma merupakan rahim darimana
kita berasal (kamma-yoni), dan suka tidak suka, kita adalah pemilik tak terhindarkan
dari perbuatan kita (kamma-ssaka). Akan tetapi, segera sesudah
kita melakukan tindakan, kendali kita terhadapnya hilang: ia selamanya bersama
kita dan tak terhindarkan akan kembali ke kita sebagai warisan yang sesuai
(kamma-dayada). Tidak ada hal yang terjadi pada kita berasal dari dunia luar
asing yang bermusuhan dengan diri kita; segalanya adalah hasil dari batin dan
15
Perenungan terhadap Empat Keadaan Luhur
perbuatan kita sendiri. Karena pengetahuan ini membebaskan kita dari rasa
takut, ia adalah landasan pertama dari keseimbangan batin. Pada ketika dalam
segala hal yang menimpa kita disebabkan diri kita sendiri mengapa kita mesti
merasa takut?
Akan tetapi, jika rasa takut ataupun kekhawatiran tetap muncul, kita
mengetahui naungan yang dapat meredakan perasaan-perasaan ini: perbuatan
baik kita (kamma-patisarana). Dengan mengambil naungan ini, keyakinan diri
dan keberanian akan tumbuh dalam diri kita � keyakinan diri terhadap kekuatan
perlindungan dari perbuatan baik kita di masa lampau; keberanian untuk
melakukan lebih banyak lagi perbuatan baik sekarang; walaupun kita sedang
menghadapi kehidupan yang penuh kesukaran saat ini. Sebab kita mengetahui
bahwa perbuatan yang mulia dan tidak mementingkan diri sendiri menyediakan
pertahanan terbaik terhadap hantaman takdir yang keras; bahwasanya tidak
pernah terlambat dan selalu saja tiap saat adalah waktu yang sesuai untuk
melakukan perbuatan baik.
Jika perlindungan ini, melakukan kebajikan dan menghindari kejahatan,
telah kukuh tertanam dalam diri kita, suatu hari kita akan merasa yakin: �Semakin
banyak dan semakin banyak yang menghentikan kesengsaraan dan kejahatan
yang berakar pada masa lalu. Dan pada kehidupan saat ini � saya
mencoba untuk membuatnya tanpa noda dan murni. Apalagi yang dapat
masa depan berikan selain meningkatnya kebaikan?� Dari keyakinan inilah,
batin kita menjadi tenang, dan kita akan memperoleh kekuatan kesabaran
dan keseimbangan batin untuk menahan segala beban kesulitan diri kita pada
saat ini. Lantas perbuatan-perbuatan kita akan menjadi sahabat kita (kammabandhu).
Demikian juga, semua peristiwa beragam dalam hidup kita, sebagai akibat
dari perbuatan kita, juga akan menjadi sahabat-sahabat kita, bahkan sekalipun
hal-hal tersebut membawakan kita kesedihan dan rasa sakit. Perbuatan-perbuatan
kita kembali pada diri kita dalam samaran yang seringkali sulit dikenali.
Terkadang tindakan-tindakan kita kembali pada diri kita melalui bagaimana
sikap orang lain memperlakukan kita, kadangkala melalui perubahan mendadak
keseluruhan dalam hidup kita; sering pula hasil-hasil perbuatan kita
bertentangan dengan pengharapan ataupun keinginan kita. Pengalaman-pengala16
Brahmavihara
man demikian menunjukkan pada kita konsekuensi-konsekuensi perbuatan yang
tidak kita perkirakan sebelumnya; mereka menunjukkan motif-motif setengah
sadar dari tindakan lampau kita yang bahkan ingin kita sembunyikan dari diri
kita sendiri, yang ingin kita tutupi dengan berbagai dalih dan alasan palsu.
Jika kita belajar untuk melihat hal-hal dari sudut ini dan membaca pesan yang
dibawakan oleh pengalaman kita sendiri, maka penderitaan sekalipun akan
menjadi sahabat kita. Ia akan menjadi sahabat yang tegas, namun juga sahabat
yang penuh kebenaran dan berniat baik yang mengajarkan kita pelajaran yang
paling sulit, pengetahuan mengenai diri kita sendiri, serta memperingatkan
kita terhadap jurang yang sedang kita tuju secara membuta. Dengan melihat
penderitaan sebagai guru dan sahabat kita, kita akan lebih berhasil menghadapinya
dalam keseimbangan batin. Sebagai akibatnya, ajaran tentang kamma
akan memberikan kita kekuatan/gerak hati yang kuat untuk membebaskan
diri kita dari kamma, dari perbuatan-perbuatan yang lagi dan lagi melemparkan
kita ke dalam penderitaan kelahiran berulang. Perasaan jijik akan timbul
terhadap nafsu kemelekatan diri kita sendiri, terhadap delusi, terhadap kecenderungan
alamiah diri kita sendiri untuk menciptakan situasi yang mencoba
kekuatan kita, ketahanan kita dan keseimbangan batin kita.
Penembusan pemahaman kedua sebagai landasan keseimbangan batin
adalah ajaran Buddha tentang tanpa-aku (anatta). Ajaran ini menunjukkan
bahwa dalam hakikat yang tertinggi, perbuatan tidaklah dilakukan oleh diri
manapun, juga akibat perbuatan tersebut tidak berakibat pada diri manapun.
Lebih jauh, hal ini menunjukkan bahwa jika tidak ada diri, kita tidak dapat
mengatakan �milikku�. Adalah delusi terhadap suatu �aku� yang menciptakan
penderitaan dan mengusik atau mengganggu keseimbangan batin. Jika sifat
tertentu dari diri kita disalahkan, kita akan berpikir: �Aku disalahkan� dan
keseimbangan batin menjadi goyah. Jika suatu kerja tidak berhasil, kita berpikir:
�Pekerjaanku telah gagal� dan keseimbangan batin menjadi goyah. Jika
kehilangan kekayaan atau orang-orang yang dicintai, kita berpikir: �Apa yang
menjadi milikku telah pergi� dan keseimbangan batin menjadi goyah.
Untuk mewujudkan keseimbangan batin sebagai keadaan batin yang tak
tergoyahkan, seseorang harus melepaskan semua pikiran-pikiran posesif mengenai
�milikku�, dimulai dari hal-hal kecil yang mudah dilepas, dan secara ber17
Perenungan terhadap Empat Keadaan Luhur
tahap hingga kepemilikan dan tujuan yang sangat didambakan segenap hati.
Seseorang juga harus menghentikan penyokong pikiran-pikiran yang demikian,
semua pikiran egois tentang �aku�, dimulai dari sebuah bagian kecil
kepribadian, yang tidak terlalu penting, dari kelemahan kecil yang ia lihat
dengan jelas, dan secara bertahap hingga kepada bentuk-bentuk emosi dan
ketidaksukaan terhadap sesuatu yang ia anggap sebagai pusat dirinya. Pelepasan
seperti ini mesti dilatih.
Hingga suatu tahapan kita meninggalkan pikiran tentang �milikku� atau
�aku�, keseimbangan batin akan memasuki hati kita. Sebab bagaimana mungkin
sesuatu yang kita sadari adalah asing dan tanpa suatu diri dapat mengusik
kita melalui nafsu, kebencian atau kesedihan? Dengan demikian, ajaran mengenai
tiada-aku akan menjadi penuntun kita dalam jalan pembebasan, menuju
keseimbangan batin yang sempurna.
Keseimbangan batin adalah mahkota dan puncak dari empat keadaan
batin yang luhur. Namun hal ini bukan dipahami bahwasanya keseimbangan
batin adalah penolakan terhadap cinta, welas asih dan kebahagiaan simpatik,
ataupun bahwasanya keseimbangan batin lebih unggul dibanding yang lainnya.
Jauh dari itu, keseimbangan batin mencakup dan menyebar menyeluruh
di dalam tiga keadaan luhur tersebut, sama halnya tiga keadaan luhur menyebar
menyeluruh di dalam keseimbangan batin yang sempurna.
18
Brahmavihara
Kesalingterkaitan antar Empat Keadaan
Luhur
Lantas, bagaimana empat keadaan batin yang luhur ini saling menyebar
dan meresap satu sama lain?
Cinta yang tak tersekat menjaga welas asih agar tidak memihak, mencegahnya
dari pendiskriminasian memilih dan mengecualikan dan dengan demikian
melindunginya dari keberpihakan ataupun ketidaksukaan terhadap sisi
yang dikecualikan.
Cinta membagikan sifat tanpa egonya kepada keseimbangan batin, sifatnya
yang tanpa sekat dan bahkan kehangatannya. Sebab kehangatan juga,
apabila ditransformasikan dan dikendalikan, merupakan bagian dari keseimbangan
batin yang sempurna, menambah kekuatan penembusan mendalam
dan kendali diri yang bijaksana dari keseimbangan batin tersebut.
Welas asih mencegah cinta dan turut bahagia melupakan bahwa, selagi
keduanya sedang menikmati atau memberikan kebahagiaan yang terbatas dan
sementara, pada saat yang bersamaan terdapat keadaan penderitaan yang
sangat mengerikan di dunia. Welas asih mengingatkan bahwa kebahagiaan
mereka ada pada saat yang sama dengan kesengsaraan yang tidak terukur,
mungkin saja di pintu tetangga sebelah. Ia adalah pengingat kepada cinta dan
turut berbahagia bahwa ada lebih banyak penderitaan di dunia dibanding yang
dapat mereka redakan; bahwa setelah efek dari peredaan penderitaan tersebut
sirna, kesedihan dan rasa sakit tentu saja akan muncul lagi hingga pen19
Kesalingterkaitan antar Empat Keadaan Luhur
deritaan tersebut dapat dicabut sampai ke akar-akarnya melalui pencapaian
Nibbana. Welas asih tidak mengizinkan cinta dan turut berbahagia menutup
diri terhadap dunia luas dengan membatasi pada suatu bagian sempit. Welas
asih mencegah cinta dan turut berbahagia berubah menjadi keadaan puas
diri di dalam kebahagiaan sempit. Welas asih menggerakkan dan mendorong
cinta untuk meluaskan cakupannya; welas asih menggerakkan dan mendorong
turut berbahagia untuk mencari perbaikan baru. Dengan demikian, welas asih
membantu keduanya tumbuh di dalam keadaan yang sungguh-sungguh tanpa
batas (appama��a).
Welas asih menjaga keseimbangan batin agar tidak jatuh ke dalam ketidakpedulian
yang dingin, dan menjaganya dari isolasi yang egois dan malas.
Hingga keseimbangan batin mencapai kesempurnaan, welas asih terus mendorongnya
lagi dan lagi untuk masuk ke dalam pertempuran dunia, agar
mampu menghadapi ujian, dengan melakukan penempaan dan penguatan
diri (keseimbangan batin).
Turut berbahagia mencegah welas asih terhanyutkan akibat melihat
penderitaan dunia, mencegahnya terserap di dalam penderitaan dan mengacuhkan
semua yang lain. Turut berbahagia melegakan tekanan batin,
meredakan sakit akibat terbakarnya hati yang welas asih. Turut berbahagia
mencegah welas asih dari pikiran panjang murung tanpa tujuan, dari perasaan
sedih sia-sia yang hanya semakin melemahkan dan menguras energi hati dan
pikiran. Turut berbahagia mengembangkan welas asih menjadi perasaan simpatik
yang aktif.
Turut berbahagia memberikan keseimbangan batin suatu ketenangan yang
lembut yang melunakkan penampilannya yang kaku. Ia adalah senyuman indah
pada wajah Ia yang Tercerahkan, senyuman yang tetap bertahan di antara
pengetahuan Beliau yang sangat mendalam mengenai penderitaan dunia,
suatu senyuman yang memberikan kenyamanan dan harapan, perasaan tanpa
takut dan keyakinan diri: �Pintu terbuka lebar untuk menuju pembebasan�,
demikian yang dikatakan.
Keseimbangan batin yang berakar dalam penembusan pemahaman adalah
kekuatan kendali diri dan penuntun bagi tiga keadaan luhur lainnya. Keseimbangan
batin menunjukkan arah bagi ketiganya, dan melihat apakah arah itu
20
Brahmavihara
diikuti. Keseimbangan batin menjaga cinta dan welas asih agar tidak terbuang
dalam pencarian yang sia-sia dan tersesat dalam labirin emosi yang tak terkontrol.
Keseimbangan batin, yang merupakan pengendali diri yang waspada untuk
mencapai tujuan akhir, tidak mengizinkan turut berbahagia untuk berpuas diri
dengan hasil yang rendah dan melupakan tujuan sebenarnya yang harus kita
perjuangkan.
Keseimbangan batin, yang berarti �kesadaran yang tenang�, memberikan
kepada cinta suatu kesetiaan dan kekokohan yang tidak berubah dan tenang.
Keseimbangan batin memberikan cinta kasih kebijaksanaan agung dari kesabaran.
Keseimbangan batin melengkapi welas asih dengan suatu perasaan
tanpa takut serta keberanian yang tenang dan tak tergoyahkan, yang memungkinkan
welas asih untuk menghadapi jurang kesengsaraan dan keputusasaan
yang sangat dalam dan menakutkan, yang terus menantang welas asih tanpa
batas lagi dan lagi. Bagi sisi aktif welas asih, keseimbangan batin merupakan
tangan (bantuan) yang kuat dan tenang yang dituntun oleh kebijaksanaan
� yang tak ternilai harganya bagi mereka yang ingin melatih seni menolong
orang lain yang sulit dipelajari. Dan lagi, di sini keseimbangan batin berarti
kesabaran, pencurahan hati yang sabar terhadap pekerjaan welas asih.
Dalam hal ini dan hal lainnya, keseimbangan batin boleh dikatakan sebagai
mahkota dan puncak dari tiga keadaan luhur lainnya. Tiga keadaan yang
pertama, jika tidak terhubung dengan keseimbangan batin dan penembusan
pemahaman, dapat mengerut/menyusut akibat kurangnya faktor penstabil.
Kebajikan-kebajikan yang terisolasi, jika tidak didukung oleh kualitas-kualitas
lain yang memberikannya kelenturan dan kekokohan yang dibutuhkan, seringkali
merosot ke dalam kekurangan-kekurangannya sendiri. Sebagai contoh,
cinta kasih, tanpa energi dan penembusan pemahaman, dapat mudah condong
menjadi hanya kebaikan emosional yang sifatnya lemah dan tidak dapat
diyakini. Lagi pula, kebajikan-kebajikan terisolasi yang demikian mungkin seringkali
membawa kita ke arah yang bertentangan dengan tujuan asli kita dan
bertentangan dengan kesejahteraan pihak lain juga. Adalah karakter pribadi
yang kokoh dan seimbang yang dapat merajut kebajikan-kebajikan terisolasi
tersebut menjadi keseluruhan yang menyatu dan harmonis, di mana masingmasing
kualitas menunjukkan perwujudan terbaiknya dan menghindari per21
Kesalingterkaitan antar Empat Keadaan Luhur
angkap kelemahannya sendiri. Dan inilah fungsi sesungguhnya dari keseimbangan
batin, bagaimana halnya ia berkontribusi dalam hubungan yang ideal
di antara semua empat keadaan batin yang luhur.
Keseimbangan batin adalah keadaan batin yang sempurna, seimbang tak
tergoyahkan, yang berakar pada penembusan pemahaman. Namun dalam
kesempurnaan dan sifat tak tergoyahkannya, keseimbangan batin tidaklah
dingin, kaku, masa bodoh dan tidak berperasaan. Kesempurnaannya bukanlah
karena �kekosongan� emosional, namun karena �penuhnya� pemahaman,
karena kelengkapan dalam dirinya sendiri. Sifatnya yang tak tergoyahkan bukanlah
seperti batu dingin, mati, yang tak dapat digeser; melainkan perwujudan
dari kekuatan tertinggi.
Dalam hal bagaimana, keseimbangan batin sempurna dan tak tergoyahkan?
Apapun yang menyebabkan kemandekan telah dihancurkan, apa yang
membendung telah disingkirkan, apa yang menghalangi telah dihancurkan.
Sirna sudah pusaran-pusaran emosi dan lekak-lekuk intelektualitas. Tiada
terganggu gerak aliran kesadaran yang tenang dan agung, murni serta memancarkan
cinta kasih dan kebahagiaan. Perhatian yang waspada (sati) telah
mengharmoniskan kehangatan dari keyakinan (saddha) dengan tajamnya
penembusan dari kebijaksanaan (pa��a); telah menyeimbangkan kekuatan
dari semangat (viriya) dengan ketenangan dari batin (samadhi); dan lima
kekuatan indria (indriya) telah tumbuh menjadi kekuatan-kekuatan dalam
diri (bala) yang tidak dapat hilang lagi. Ia tidak akan hilang karena tidak lagi
tersesat dalam labirin dunia (samsara); dalam ketersebaran hidup (papa�ca).
Kekuatan-kekuatan dalam ini mengalir dari batin dan bertindak pada
dunia, namun karena terjaga oleh kesadaran, kekuatan-kekuatan ini tidak
mengikatkan diri di manapun lagi, dan oleh karenanya tidak berubah lagi.
Cinta, welas asih dan turut berbahagia terus mengalir dari batin dan bertindak
pada dunia, namun karena terjaga oleh keseimbangan batin, mereka tidak
menggantungkan diri lagi di manapun, dan kembali tanpa menjadi semakin
lemah dan ternoda.
Dengan demikian, di dalam diri arahat, Ia yang Terbebaskan, tidak ada
yang berkurang akibat memberi, dan ia tidak menjadi semakin miskin dengan
22
Brahmavihara
menawarkan orang lain kekayaan hati dan pikirannya. Arahat bagaikan kristal
yang jernih dan terpotong dengan baik, tanpa noda, menyerap sepenuhnya
semua berkas cahaya dan memancarkannya keluar kembali, sambil diperkuat
oleh kekuatan konsentratifnya. Berkas cahaya tidak dapat menodai kristal
tersebut dengan aneka warna-warninya. Berkas-berkas cahaya ini tidak dapat
membelah kerasnya kristal tersebut, dan juga mengganggu strukturnya yang
harmonis. Di dalam kemurnian dan kekuatannya yang tulen, kristal tersebut
tetap tak berubah. �Seperti halnya semua aliran sungai dunia masuk ke
samudera luas dan semua air di langit hujan ke samudera tersebut, namun
samudera luas tersebut tidak terlihat bertambah atau berkurang� � demikian
juga sifat dasar dari keseimbangan batin yang suci.
Keseimbangan batin yang suci, atau � sebagaimana yang mungkin kita
ungkapkan � arahat yang berada dalam keseimbangan batin yang suci, adalah
pusat inti dari dunia. Tetapi pusat inti ini haruslah dibedakan dari pusat-pusat
lingkupan terbatas yang tampak dan tak terkira banyaknya; dalam hal �karakteristik�
khasnya, hukum-hukum yang mengatur, dan sebagainya. Semua ini
hanyalah pusat-pusat yang tampak, karena mereka akan berhenti menjadi pusat
ketika lingkupannya, mematuhi hukum-hukum ketidakkekalan, mengalami
perubahan total dalam strukturnya; dan akibatnya pusat dari gaya tariknya,
material maupun mental, akan berubah. Namun, pusat inti dari keseimbangan
batin arahat adalah tak tergoyahkan, karena ia tidak lagi berubah. Ia tidak lagi
berubah karena ia tidak bergantung pada apapun lagi.
Seperti yang dikatakan Guru:
Bagi ia yang bergantung, akan ada gerakan; namun bagi ia yang tiada
lagi bergantung, tiada lagi gerakan. Di mana tiada gerakan, di sana ada
keheningan. Di mana ada keheningan, tiada lagi kemelekatan. Ketika
tiada lagi kemelekatan, tiada lagi datang maupun pergi. Di mana tiada
lagi datang maupun pergi, tiada lagi kemunculan (kelahiran) maupun
kepergian (kematian). Ketika tiada lagi kemunculan maupun kepergian,
tiada lagi dunia ini maupun dunia di luar ini, ataupun keadaan di antara
kedua dunia ini. Ini, sesungguhnya, adalah berakhirnya penderitaan.
--Udana 8.3
INSIGHT VIDYASENA
PRODUCTION
Buku � Buku yang Telah Diterbitkan INSIGHT VIDYASENA PRODUCTION :
1. Kitab Suci Udana
Khotbah � Khotbah Inspirasi Buddha
2. Kitab Suci Dhammapada Atthakatha
Kisah � Kisah Dhammapada
3. Buku Dhamma Vibhaga
Penggolongan Dhamma
4. Panduan Kursus Dasar Ajaran Buddha
Dasar � dasar Ajaran Buddha
Buku � Buku Free Distribution :
1. Teori Kamma Dalam Buddhisme Oleh Y.M. Mahasi Sayadaw
2. Penjara Kehidupan Oleh Bhikkhu Buddhadasa
3. Salahkah Berambisi ? Oleh Ven. K Sri Dhammananda
4. Empat Kebenaran Mulia Oleh Ven. Ajahn Sumedho
5. Riwayat Hidup Anathapindika Oleh Nyanaponika Thera dan Hellmuth
Hecker
6. Damai Tak Tergoyahkan Oleh Ven. Ajahn Chah
7. Anuruddha Yang Unggul Dalam Mata Dewa Oleh Nyanaponik-
Thera dan Hellmuth Hecker
8. Syukur Kepada Orang Tua Oleh Ven. Ajahn Sumedho
9. Segenggam Pasir Oleh Phra Ajaan Suwat Suvaco
10. Makna Paritta Oleh Ven. Sri S.V. Pandit P. dan Pemaratana Nayako
Thero
11. Meditation Oleh Ven. Ajahn Chah
12. Brahmavihara � Empat Keadaan Batin Luhur Oleh Nyanaponika
Thera
13. Kumpulan Artikel Bhikkhu Bodhi (Tanggapan Buddhis Terhadap
Dilema Eksistensi Manusia Saat Ini, Dua Jalan Pengetahuan,
Menghadapi Milenium Baru)
14. Riwayat Hidup Sariputta I (Bagian 1) Oleh Nyanaponika Thera )*
15. Riwayat Hidup Sariputta II (Bagian 2) Oleh Nyanaponika Thera)*
16. Maklumat Raja Asoka Oleh Ven. S. Dhammika
17. Tanggung Jawab Bersama Oleh Ven. Sri Pa[[avaro Mahathera dan
Ven. Dr. K. Sri Dhammananda
18. Seksualitas dalam Buddhisme Oleh M. O�C Walshe dan Willy Yandi
Wijaya
19. Kumpulan Ceramah Dhammaclass Masa Vassa Vihara Vidyaloka Oleh
Y.M. Sri Pa[[avaro Mahathera, Y.M. Jotidhammo Mahathera dan Y.M.
Saccadhamma
20. Tradisi Utama Buddhisme Oleh John Bullitt, Y.M. Master Chan Sheng-
Yen, dan Y.M. Dalai Lama XIV
21. Pandangan Benar Oleh Willy Yandi Wijaya
22. Ikhtisar Ajaran Buddha Oleh Upa. Sasanasena Seng Hansen
23. Riwayat Hidup Maha Moggallana Oleh Hellmuth Hecker
Kami melayani pencetakan ulang (Repro) buku-buku Free diatas untuk
keperluan Pattidana / pelimpahan jasa.
Informasi lebih lanjut dapat melalui :
Insight Vidyasena Production
08995066277
Atau
Email : bursa_vp@yahoo.com
* NB : Untuk buku Riwayat Hidup Sariputta apabila dikehendaki, bagian 1 dan bagian 2 dapat
digabung menjadi 1 buku (sesuai pemintaan).
LEMBAR SPONSORSHIP
Dana Dhamma adalah dana yang tertinggi
Sang Buddha
Jika Anda berniat untuk turut menyebarkan Dhamma, yang
merupakan dana yang tertinggi, dengan cara menyokong
biaya percetakan dan pengiriman buku-buku dana (free distribution),
guntinglah halaman ini dan isi dengan keterangan
jelas halaman berikut, kirimkan kembali kepada kami. Dana
Anda bisa dikirimkan ke :
Rek BCA : 0600410041
Cab. Pingit Yogyakarta
a.n. CAROLINE EVA MURSITO
atau
Vidyasena Production
Vihara Vidyaloka
Jln. Kenari Gg. Tanjung I No. 231
Yogyakarta � 55165
Telp. /Fax (0274) 542919
Keterangan lebih lanjut, hubungi :
Vidyasena Production
Hp : 08995066277
Email : bursa_vp@yahoo.com
Nama :_____________________________
Alamat :_____________________________
Telp. ( )_________________________
HP __________________________________
Jumlah Dana Rp.______________________
Terbilang
Tunai ATM Tanggal___________
Buku ini dibagikan secara cuma-cuma. Silakan menghubungi kami,
bila rekan seDhamma ingin memperolehnya selama persediaan
masih ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar