Senin, 07 Februari 2011

5 fakta salah yang diajarkan sekolah

5 Fakta Salah Yang Diajarkan di Sekolah



1. Tembok China bukan benda terbesar buatan manusia
Banyak yang berspekulasi bahwa tembok china merupakan bangunan bersejarah yang "ter-" buatan manusia. Tapi ternyata anggapan itu salah. Masih ada sesuatu yang jauh lebih "ter-" lagi dibandingkan tembok 'besar' china. Bahkan, sosoknya pun dapat dilihat dari angkasa. Hmm apa ya ??



Yang dimaksud adalah The Great Pacific Garbage Patch. Kumpulan sampah di samudera Atlantik yang kini telah menjelma menjadi sesuatu yang amat mengerikan. Bagaimana tidak, semua sampah dari seluruh pelosok bumi dibuang ke tempat itu. Waduh nggak kebayang deh bakal kaya apa kalau dibiarkan. Terlebih dengan sampah plastik yang sulit terurai. ckckck


Pada tahun 2010, proyek ‘Kaisei’ berhasil mendaur ulang 100 ton sampah yang terkumpul disana. Namun sayangnya itu hanya 0,00003% dari berat seluruhnya


2. Pisang bukan buah
Kok bisa? Ya bisa lah. Bahkan, botanis juga sepakat bahwa pohonnya tidak bisa disebut 'pohon pisang'. Karena tidak mengandung serat kayu seperti lazimnnya sebuah pohon.



Pohon pisang adalah sebuah herb dan secara teknis (botanis) yang kita makan ketika kita makan buah dari pohon pisang adalah berry.

Mengapa disebut berry? Lihat disini http://wiki.answers.com/Q/Is_a_banana_a_berry


3. Alexander Graham Bell bukan pencipta Telefon
Alexander Graham Bell bukan saja mencuri ide cemerlang ini, bahkan dia mencuri paten dan blueprint-nya dari orang lain. Keparat Skotlandia ini berhasil dicatat sejarah sebagai penemu telefon karena dia memiliki teman yang berkuasa, uang yang tidak sedikit dan kaki tangan yang bekerja di lembaga paten.



Lihat lengkapnya di http://en.wikipedia.org/wiki/Elisha_...cting_theories


4. Mahluk hidup paling besar didunia bukanlah Paus Biru
Berat paus biru adalah 200 kali berat gajah Afrika dewasa dan panjangnya 1.5 kali gerbong kereta api. Waw..besar banget pastinya. Tapi dibalik semua kenyataan bahwa paus biru paling besar, masih ada makhluk hidup yang lebih besar lagi lho ! Apakah itu ?



Adalah Armillaria Ostoyae. Sering disebut Honey Mushroom. Mau tau besarnya ? Hmm..
Besarnya adalah 8,9 km2 !!! Bayangin sendiri deh ya...


5. Kecepatan cahaya tidak selalu konstan
Yang membuat teori relatifitas sangat sulit dimengerti adalah karena kita diajarkan bahwa kecepatan cahaya tidak akan pernah berubah. Secepat apapun kita bergerak, relatif pada kita, cahaya akan tetap berkecepatan 186,282m/s, tapi yang suka tidak diajarkan bahwa cahaya tidak selalu secepat c.



Cahaya adalah sebuah gelombang dan memang gelombang bisa bergerak lebih cepat atau lambat tergantung medianya. Seperti gelombang suara yang berkecepatan 341 m/s lewat udara dan 1400 m/s lewat air. Yang disebut c adalah kecepatan cahaya dalam vakum. Berbeda medium berbeda kecepatan.

Bahkan ada sejumlah ilmuwan yang berhasil melambatkan cahaya sampai 60 kph.

Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Speed_of_light#In_a_medium


Tulisan ini telah dimuat ulang sebagian dari sumber aslinya http://tanyajawabannya.wordpress.com/2010/11/28/5-fakta-salah-yang-diajarkan-disekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar